Main content
Cara merawat wajah agar tidak kusam

CARA MERAWAT WAJAH AGAR TIDAK KUSAM

Jika wajahmu kusam dan berminyak, ketahui cara mengatasi wajah berminyak dan kusam. Kenali penyebab wajah kusam serta upaya pencegahan dan perawatan kulit kusam akibat dehidrasi, penuaan, atau rangkaian perawatan kulit yang tidakoptimal.

Apa itu kulit kusam?

Kulit kusam umumnya tampak kurang bercahaya dan layu atau kurang segar. Berbeda dengan kulit bercahaya yang jernih dan dapat memantulkan cahaya secara merata, kulit kusam identik dengan warna dan tekstur kulit yang tidak merata sehingga cahaya tidak dapat dipantulkan dengan sempurna.

Apa penyebab wajah kusam?

Penyebab kulit wajah kusam bisa dipicu oleh berbagai faktor termasuk beberapa faktor utama berikut ini:

  • Dehidrasi

Kulit yang kekurangan air umumnya akan tampak kering dan kusam. Kandungan air di lapisan terluar kulit harus berkisar antara 10% hingga 15%. Saat asupan air ini berkurang, kulit mungkin mengalami dehidrasi. Kondisi ini tidak hanya bisa menyebabkan kulit kusam, tetapi juga membuat garis halus semakin terlihat.

  • Sinar Matahari

Meski tampak sehat, kulit gelap (tan) akibat sinar matahari sesungguhnya menandakan adanya gangguan pada kulit. Satu atau dua hari setelah terpapar sinar matahari, kulit mungkin tampak lebih bersinar, tetapi warna cokelat dan kerusakan kulit lainnya akibat sinar matahari lainnya dengan cepat menyebabkan kulit kusam dan layu.

  • Polusi (debu dan kotoran)

Selain terpapar sinar UV, kulit juga terkena polusi debu dan kotoran setiap hari. Ancaman dari luar ini dapat menyebabkan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan diskolorasi kulit, munculnya tanda-tanda penuaan, serta kulit kusam.

  • Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit perlahan-lahan menipis dan produksi minyak di kulit berkurang. Kerusakan akibat sinar matahari yang terjadi selama bertahun-tahun juga dapat menyebabkan munculnya noda hitam, diskolorasi dan warna kulit tidak merata. Akibat berbagai bentuk hiperpigmentasi tersebut, serta garis halus dan kerutan, sehingga tidak semua bagian kulit dapat memantulkan cahaya. 

  • Lingkungan

Musim, cuaca dan lingkungan juga sangat memengaruhi tampilan dan tekstur kulit. Tingkat kelembapan rendah – seperti saat musim dingin atau saat berada di gurun – meski hanya beberapa jam dapat memengaruhi keseimbangan kelembapan dan tekstur kulit.

Bagaimana cara mencegah kulit kusam?

Penggunaan illuminating moisturizer adalah salah satu cara untuk membuat kulit berkilau. Namun, pencegahan adalah langkah utama menjaga warna kulit tetap tampak sehat. Lakukan hal-hal berikut ini untuk mencegah kulit kusam dan membuat kulit senantiasa bercahaya:

  • Menggunakan Produk Skincare untuk Kulit Kusam  

Rangkaian perawatan yang sesuai dengan jenis kulitmu sangat penting untuk membersihkan kotoran, mengangkat sel kulit mati dan melembapkan bagian yang kering – tiga hal yang dapat menyebabkan kulit kusam: 

  • Menghapus Makeup Sebelum Tidur

Membiarkan makeup menempel di wajah saat tidur sama dengan membiarkan kotoran menghalangi kulit memperbaiki diri secara alami. Menghilangkan minyak, makeup dan kotoran setelah seharian membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit dan membantu membuat kulit tampak sehat dan bercahaya.

  • Selalu Gunakan Tabir Surya

Paparan sinar UV adalah salah satu penyebab utama munculnya tanda-tanda awal penuaan, seperti kulit kusam. Pemakaian tabir surya secara rutin pada anak-anak dan remaja mampu mengurangi kerusakan akibat sinar UV sebanyak 80%.III

  • Gunakan Perlindungan Antioksidan

Selain memerlukan SPF, kulit juga membutuhkan perlindungan terhadap polusi debu dan kotoran yang dapat merusak kulit dan menyebabkan kulit kusam. Gunakan tabir surya yang memberi perlindungan terhadap polusi debu dan kotoran atau gunakan serum yang mengandung antioksidan setiap pagi untuk membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

  • Tetap Terhidrasi

Menjaga keseimbangan dan kelembapan kulit adalah cara untuk mencegah kulit tampak kusam akibat berkurangnya kelembapan kulit. Gunakan pelembap di pagi dan malam hari serta serum yang dapat menghidrasi kulit untuk membantu membuat kulit yang kering atau dehidrasi kembali terasa elastis dan halus. Konsumsi air yang cukup juga penting untuk membantu menjaga asupan air dalam tubuh secara menyeluruh.

Bagaimana cara mencerahkan wajah kusam secara alami?

Jika kulitmu tampak kusam, lakukan hal-hal berikut untuk membantu membuatnya tampak bercahaya:

  • Lakukan eksfoliasi secara rutin untuk membantu mengangkat kulit mati, menghaluskan tekstur kulit serta menstimulasi proses peremajaan kulit
  • Gunakan pelembap yang menghidrasi kulit dan kaya akan humektan dan emolien, yaitu bahan-bahan seperti Hyaluronic Acid dan Glycerin
  • Gunakan pelembap yang mencerahkan agar kulit tampak cerah seketika
  • Semprotkan facial mist yang dapat menghidrasi untuk membantu menyegarkan kulit sepanjang hari

Bagaimana merawat kulit kusam dan kering?

Untuk kulit yang sangat kering, eksfoliasi adalah bagian penting dalam rangkaian perawatan kulit. Namun, melakukan eksfoliasi membutuhkan perhatian ekstra. Untuk jenis kulit kering, pilihlah formula yang mengandung Glycolic atau Lactic Acids. Hindari pemakaian scrub atau pembersih yang mengeksfoliasi kulit secara fisik karena dapat menyebabkan iritasi dan membuat kulit terasa lebih kering. Gunakan pelembap yang dapat mengunci kelembapan sekaligus menghidrasi kulit di pagi dan malam hari, dan gunakan kembali di siang hari saat dibutuhkan. 

Bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam?

Meski kulit kusam identik dengan kulit kering, kulit berminyak juga bisa tampak kusam. Jika kulitmu mengkilap tapi tidak bercahaya, hindari pemakaian sabun atau formula yang mungkin membuat kulit terlalu kering. Formula tersebut tidak hanya meningkatkan produksi minyak di kulit, tetapi juga membuat kulit tampak kusam. 

Bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam saat musim dingin?

Perpindahan dari cuaca dingin dan kering di luar rumah ke ruangan yang hangat dapat memengaruhi tingkat kelembapan kulit yang mengakibatkan kulit tampak kusam dan memicu munculnya garis halus kering. Saat udara dingin, lakukanlah hal-hal berikut ini untuk menjaga kulit tetap berkilau:

  • Gunakan pelembap yang tidak hanya meningkatkan tetapi juga mengunci kelembapan (rich moisturizer)
  • Selalu sedia eye balm dan pelembap untuk menyegarkan dan merevitalisasi kulit sepanjang hari
  • Gunakan serum yang mampu menghidrasi kulit dua kali sehari dan masker wajah yang melembapkan agar kulit tetap halus dan lembut


Bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam saat musim panas?

Di musim panas, kulit sering terpapar berbagai gangguan dari luar. Selain sinar matahari, pantai, kandungan garam pada air laut serta klorin juga dapat memengaruhi keseimbangan kulit. Saat udara lembap, kulit bisa menjadi sangat berminyak, tetapi di tengah udara gurun yang kering, tekstur kulit mungkin menjadi kasar dan tidak rata. Selain panas di luar ruangan, penggunaan penyejuk udara juga dapat menyebabkan dehidrasi. Saat musim panas, sesuaikan rangkaian perawatanmu dan lakukan hal-hal berikut ini:

  • Selalu gunakan pelembap dan produk-produk perawatan kulit lainnya 
  • Lakukan eksfoliasi secara teratur setiap minggu
  • Gunakan tabir surya dan pelindung dari polusi debu dan kotoran setiap hari untuk membantu kulit melindungi gangguan dari luar


Dapatkah Vitamin C membantu mencerahkan kulit?

Sebagai bahan skincare terpercaya, Vitamin C dikenal mampu mencerahkan kulit. Selain kemampuannya membuat kulittampak bercahaya serta berbagai manfaat lainnya bagi kulit, Vitamin C merupakan antioksidan yang mampu membantu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Bahan ini menjadi bagian penting dalam rangkaian perawatan yang mencerahkan kulit untuk membantu meratakan warna kulit,  menyamarkan noda hitam dan membuat kulittampak bercahaya.

PRODUK KIEHL’S APA SAJA YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MERAWAT wajah agar tidak KUSAM?

Formula Kiehl’s dapat membantumu mewujudkan kulit yang tampak sehat dengan menghidrasi kulit, menyamarkan noda hitam, atau membuatnya lebih bercahaya sesuai kebutuhanmu.

Powerful-Strength Line-Reducing Dark Circle-Diminishing Vitamin C Eye Serum

Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate

Serum Vitamin C  kami mengandung 10,5% Vitamin C Murni dan 2% Vitamin Cg untuk membantu menyamarkan garis halus dan kerutan, memberikan perlindungan antioksidan dan membuat kulittampak bercahaya. Gunakan di pagi dan malam hari agar kulit tampak muda dan tampak sehat.

Super Multi-Corrective Eye-Opening Serum

Clearly Corrective™ Dark Spot Solution

Jika kulit kusammu disebabkan oleh warna kulit yang tidak merata, gunakanlah penyamar noda hitam kami untukmembantumeratakan warna kulit seperti age spot dan sun spot. Serum favorit pelanggan ini telah menginspirasi lahirnya berbagai formula dalam rangkaian Clearly Corrective™ Kiehl’s yang membuat kulit terasa lebih halus bercahaya.

Powerful Wrinkle Reducing Eye Cream

Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate

Dehidrasi akibat faktor usia bisa menjadi salah satu penyebab utama kulit tampak kusam dan lelah. Saat kulitmu bertambah kering seiring bertambahnya usia, gunakanlah serum yang dapat menghidrasi kulit ini.r Dengan kandungan Glycerin dan Ekstrak Shiso Leaf, formula ini membantu membuat kulit terasaelastis dan halus sekaligus membantumenyamarkan garis halus.

Calendula Serum-Infused Water Cream

Dengan campuran Serum Calendula Kiehl’s yang terbuat dari Ekstrak Bunga Calendula dan ratusan kelopak bunga berukuran kecil, pelembap yang ringan dan menyegarkan ini meratakan warna kulit dan membuatnyatampak bercahaya. Krim berbahan dasar air yang unik ini cocok untuk semua jenis kulit dan membantu meratakan warna kulit sehingga kulit kusam tampak halus dan berkilau.

Sumber

I Amnaukit, Thanaporn & Maneeunan, Duangkhae & Bonme, Prapaporn. “Evaluation of Caffeine Gels on Physicochemical Characteristics and In Vivo Efficacy in Reducing Puffy Eyes.” Journal of Applied Pharmaceutical Science. (2010) 56-59.

II Pilkington, Belden, Miller. “The Tricky Tear Trough, A Review of Topical Cosmeceuticals for Periobital Skin Rejuvenation.” The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. (2015) Sep; 8(9) 39-47.

III “How to Select the Perfect Pair of Sunglasses.” Skin Cancer Foundation. (2013).

IV Feintuch, Stacey. “What Causes Puffy Eyes?” Healthy Women. (2017) Jan. 25.

Pesan orientasi
Untuk pengalaman terbaik, harap putar perangkat Anda