Main content
Coba Serum Wajah Ini untuk Menyamarkan Kerutan Top

HIPERMENTASI

Apa Itu Hiperpigmentasi dan Bagaimana Tips Menghindarinya?

Jika kamu mengalami noda hitam atau diskolorasi akibat jerawat atau sinar matahari, ketahui cara merawat kulitmu dan mengatasi hiperpigmentasi untuk kulit bersih dan cerah optimal

Hiperpigmentasi, baik itu diskolorasi pada beberapa bagian kulit wajah atau noda hitam yang terus muncul, dapat mempengaruhi kepercayaan dirimu. Untuk menyamarkan noda hitam yang tidak kunjung hilang atau sekadar mencerahkan dan meratakan warna kulit, ketahui lebih lanjut penyebab hiperpigmentasi dan hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu mencegah munculnya diskolorasi kulit.

Apa itu hiperpigmentasi?

Hiperpigmentasi adalah kondisi munculnya bercak hitam muncul di kulit atau ketika area tertentu pada kulit menghitam akibat meningkatnya produksi melanin. Meski termasuk salah satu masalah kulit paling umum, hiperpigmentasi mungkin sulit diatasi.


Apa itu melanin?

Melanin adalah zat yang memberi warna pada kulit. Zat ini dihasilkan oleh sel-sel bernama melanosit. Saat sel-sel melanosit memproduksi terlalu banyak melanin, kelompok-kelompok pigmen menyebar ke sel-sel kulit lainnya dan terjadilah perubahan warna kulit, noda hitam dan hiperpigmentasi.


Apa penyebab hiperpigmentasi pada kulit?

Produksi melanin yang berlebihan terjadi karena berbagai hal. Beberapa penyebab hiperpigmentasi, yakni:

  • Iritasi atau Kerusakan Kulit
  • Paparan Sinar Matahari
  • Polusi debu dan kotoran
  • Hormon dan Faktor Genetik


Apa itu hiperpigmentasi pasca inflamasi?

Saat mengalami iritasi atau kerusakan, kulit mencoba melindungi diri; akibatnya, melanosit terpacu dan menjadi sangat aktif hingga memproduksi melanin berlebih. Acne blemish adalah jenis iritasi kulit yang umum terjadi dan dapat menyebabkan hiperpigmentasi pasca inflamasi. Setelah menghilang, blemish dapat meninggalkan tanda bekas jerawat atau noda hitam. Bentuk hiperpigmentasi ini paling sering muncul pada kulit berwarna kecokelatan atau gelap.

Bagaimana paparan sinar matahari dapat menyebabkan hiperpigmentasi?

Pada kulit berwarna terang, paparan sinar matahari menjadi penyebab hiperpigmentasi yang utama. Meski kulit tidak terasa seperti terbakar atau tidak mengalami kerusakan setelah paparan sinar matahari, tetapi tetap dapat menyebabkan perubahan pigmen. Selain menyebabkan kemunculan noda hitam dan perubahan warna kulit, paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit.

Bagaimana polusi debu dan kotoran dapat menyebabkan hiperpigmentasi?

Polusi debu dan kotoran dan radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada kulit. Saat kulit berusaha melindungi dan membentengi dirinya dari serangan, melanosit memproduksi melanin secara berlebihan sehingga terjadilah hiperpigmentasi dan perubahan warna kulit.

Bisakah hiperpigmentasi hilang dengan sendirinya?

Meski beberapa bentuk hiperpigmentasi bersifat permanen, banyak pula yang akan memudar seiring waktu. Noda hitam yang berwarna lebih muda dapat memudar setelah 6-12 bulan, sementara yang lebih gelap dapat memudar dalam beberapa tahun. Perawatan khusus seperti penyamar noda hitam dapat membantu menyamarkan noda hitam agar kulit tampak lebih cerah.

Bisakah eksfoliasi kulit membantu mengurangi hiperpigmentasi?

Regenerasi sel kulit secara sehat sangatlah penting untuk mengurangi noda hitam dan hiperpigmentasi. Walau tidak bekerja secara instan, eksfoliasi dapat membantu proses regenerasi kulit. Meski demikian, berhati-hatilah saat melakukan eksfoliasi atau menggosok kulit agar tidak terjadi iritasi yang justru dapat memperparah dan meningkatkan hiperpigmentasi.


Tips Menghindari Hiperpigmentasi

Selain melakukan eksfoliasi kulit, mulailah dengan menjaga kulit dari penyebab berubahnya warna kulit dan noda hitam. IBerikut ini beberapa tips menghindari hiperpigmentasi: 

  • Gunakan tabir surya (sunscreen) setiap hari. Sinar UV dapat menyebabkan noda hitam, bahkan saat cuaca mendung. Namun, penggunaan tabir surya setiap hari dapat membantu mencegah pembentukan melanin.
  • Untuk kulit yang rentan berjerawat, gunakanlah produk perawatan wajah yang mengandung Asam Salisilat (Salicylic Acid) atau Sulfur untuk membantu mengurangi menyamarkan jerawat (breakout).
  • Untuk kulit berjerawat, gunakan spot treatment khusus jerawat untuk membuat kulit lebih bersih. Hindari memencet jerawat karena berpotensi meninggalkan bekas jerawat.
  • Gunakan serum antioksidan diikuti tabir surya untuk membantu menjaga kulit dari polusi debu dan kotoran dan radikal bebas.

Apa bahan skincare untuk atasi hiperpigmentasi?

Untuk membantu memudarkan hiperpigmentasi dan mengurangi berubahnya warna kulit, temukan formula perawatan kulit dengan bahan-bahan yang terbukti membantu mencerahkan kulit.


Vitamin C

Vitamin C adalah bahan yang diketahui mampu membantu mencerahkan kulit. Activated C adalah bentuk turunan dari Vitamin C yang mampu meresap ke dalam kulit secara optimal dan bekerja lebih lama dibandingkan jenis-jenis Vitamin C lainnya, sehingga dianggap sebagai produk pencerah kulit yang ideal. Activated C yang terkandung dalam formula Kiehl’s membantu mengurangi produksi melanin, mencegah pembentukan melanin, dan memperlambat perpindahan melanin ke permukaan kulit sehingga meratakan warna kulit. Zat ini juga membantu memudarkan noda hitam yang ada, sehingga warna kulit lebih merata dan tampak cerah.

Salicylic Acid

Salicylic Acid adalah bahan lain yang sering ditemukan pada produk perawatan kulit bejerawat yang juga bermanfaat bagi kulit. Melakukan rutinitas perawatan kulit berjerawat [dapat membantu menyamarkan jerawat yang dapat menyebabkan noda hitam; sementara itu, Salicylic Acid juga dikenal mampu membantu menyamarkan noda hitam

Ekstrak Akar Peony

Ekstrak Akar Peony dalam formula perawatan kulit dikenal dapat membantu membuat kulit tampak lebih bersih dan bercahaya.

Ekstrak Akar Licorice

Selain dikenal akan kemampuannya yang dapat menyamankan, Ekstrak Akar Licorice dalam formula skincare juga dikenal dapat membantu mencerahkan kulit.

Ekstrak White Birch

Dalam formula kami, bahan turunan yang mengandung gula ini dikenal mampu membantu menyamarkan munculnya noda hitam dan diskolorasi kulit di kemudian hari.

Apa skincare routine terbaik untuk masalah kulit dengan hiperpigmentasi?

Mulailah rutinitasmu dengan exfoliating and brightening face wash untuk membantu membersihkan kotoran dan sisa polusi debu dan kotoran serta membantu mengangkat kulit mati dengan lembut. Lanjutkan dengan soothing treatment water atau toner yang dapat membantu menyamarkan kulit mengatasi membantu meratakan kulit wajah serum wajah untuk noda hitam dan hiperpigmentasi. Sempurnakan rutinitasmu dengan pelembab yang dapat mencerahkan kulit di pagi dan malam hari. Di siang hari, selalu gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Rekomendasi Skincare untuk Hiperpigmentasi dari Kiehl’s

Untuk kulit mulus, bersih dan cerah optimal, mulailah menggunakan koleksi Kiehl’s Dermatologist Solutions™ Clearly Corrective™. Serum wajah #1 kami, Clearly Corrective™ Dark Spot Solution, telah membantu melengkapi seluruh koleksi produk skincare yang diformulasi secara khusus untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Clearly Corrective™ Dark Spot Solution

Ratakan Warna Kulit dengan Serum Wajah Khusus Hiperpigmentasi

Clearly Corrective™ Dark Spot Solution


Cerahkan kulit dengan serum wajah kami yang optimal mengandung Activated C, White Birch dan Ekstrak Bunga Peony. Secara bertahap, serum wajah ini dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit sehingga membuatnya bersih dan tampak cerah optimal. Formula ampuh ini terbukti secara klinis* mampu menyamarkan:

  • Bekas Jerawat hingga -27%
  • Noda Hitam hingga -39%

*Berdasarkan studi klinis selama 12 minggu yang melibatkan 17 perempuan dengan berbagai jenis kulit

Clearly Corrective™ Brightening and Smoothing Moisture Treatment

Ratakan Diskolorasi Kulit dengan Masker yang Mencerahkan Wajah

Clearly Corrective™ Clarity Booster Hydration Mask


Untuk menyempurnakan rutinitas perawatanmu, gunakanlah sheet mask atau masker wajah berbentuk lembaran yang diformulasi untuk mencerahkan dan membuat kulit lebih kenyal elastis yang dapat digunakan dua kali dalam seminggu. Diformulasikan dengan konsentrasi bahan utama pencerah kulit yang sama dengan konsentrasi dalam sebotol Clearly Corrective™ Dark Spot Solution, masker ini mampu mencerahkan kulit hanya dalam 15 menit*.

Super Fluid Daily UV Defense SPF 50+

Haluskan dan Cerahkan Kulit dengan Pelembap Wajah

Clearly Corrective™ Brightening and Smoothing Moisture Treatment

 

Di pagi dan malam hari, gunakan pelembap yang optimal untuk membantu menyamarkan  diskolorasi kulit sekaligus menghaluskan kulit yang kasar. Dengan kandungan Activated C dan Ekstrak White Birch, formula ini menghidrasi kulit selama 24 jam* sekaligus membantu membuat kulit lebih bersih dan cerah.

*Berdasarkan hasil pengujian instrument terhadap 25 subyek

Lawan Tanda-Tanda Penuaan Dini dengan Tabir Surya Khusus Wajah Sehari-Hari

Ultra Light Daily UV Defense SPF 50+

 

Meski hujan atau mendung, paparan sinar UV dapat menyebabkan noda hitam dan diskolorasi serta tanda-tanda penuaan dini. Saat formula dalam skincare membantu menyamarkan noda hitam, tabir surya berperan penting untuk membantu menghalangi terbentuknya noda hitam di kemudian hari dan mencegah produksi melanin berlebih. Untuk mencerahkan kulit, gunakan krim pencerah kulit atau krim CC dengan SPF untuk membantu meratakan warna kulit sekaligus melindunginya dari bahaya sinar UV.

Sumber

I “Dermatologist shines light on natural ingredients used in new topical treatments for hyperpigmentation.” American Academy of Dermatology. 17 Mar 2014.

II “What gives skin its color?” American Academy of Dermatology.

III “Hyperpigmentation.” American Osteopathic College of Dermatology.

IV Taylor, S., Grimes, P., Lim, J., Im, S., and H. Lui. “Postinflammatory hyperpigmentation.” Journal of Cutaneous Medicine and Surgery. 2009 Jul-Aug;13(4): 183-91.

Pesan orientasi
Untuk pengalaman terbaik, harap putar perangkat Anda