Main content
Coba Serum Wajah Ini untuk Menyamarkan Kerutan Top

10 Urutan Penggunaan Skincare Mencegah Penuaan Dini

Ketahuilah: Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai rangkaian perawatan anti-aging. Salah satu aturan dasar perawatan kulit menyebutkan “mencegah lebih mudah daripada mengobati”. Artinya, sekali muncul, masalah seperti kerutan, garis halus, dan kulit kering akibat penuaan akan sulit hilang. Hanya saja, yang perlu dipahami adalah urutan penggunaan skincare yang benar.

Meski bersifat alami, munculnya tanda-tanda penuaan berbeda satu orang dengan lainnya. Perawatan kulit dan perawatan diri yang kamu lakukan secara langsung memengaruhi tampilan kulitmu. Tanda penuaan umumnya muncul lebih cepat di kulit yang tidak dirawat atau dilindungi dibandingkan kulit yang dirawat dengan produk perawatan anti-aging. Itulah alasan para ahli merekomendasikan perawatan anti-aging sejak usia 20an, bahkan sebelum munculnya kerutan. 

Kiehl’s memahami pentingnya perawatan preventif. Oleh karena itu, kami menciptakan berbagai produk untuk membantu menjaga kulitmu, apapun jenisnya, tetap prima. Petugas layanan pelanggan Kiehl’s memiliki berbagai tip anti-aging dan sangat memahami produk-produk apa saja yang perlu kamu tambahkan dalam rangkaian perawatanmu.

Kami meminta para ahli perawatan kulit Kiehl’s berbagi saran terbaik seputar perawatan anti-aging agar kamu dapat merancang rangkaian perawatan anti-aging yang dapat merawat sekaligus menyamarkan tanda-tanda penuaan. Yang perlu dipahami adalah urutan penggunaan skincare. Penasaran dengan urutan skincare yang benar? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!

TIP #1: Gunakan Pembersih yang Tidak Mengelupaskan Kulit

Pertama, urutan penggunaan skincare yang benar adalah dengan membersihkan kulit. Membersihkan kulit merupakan bagian tak terpisahkan dalam perawatan kulit. Inilah awal rutinitas perawatan kulit kita. Kulit yang benar-benar bersih adalah awal dari rangkaian perawatan kulit. Namun, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam perawatan anti-aging. Seperti yang kamu tahu, seiring bertambahnya usia, kulit menjadi semakin kering.II Membersihkan kulit memang wajib, tetapi pemilihan formula yang salah justru dapat membuat kulit semakin kering. Hindari formula berbahan keras dan gunakan sabun wajah berbahan lembut yang tidak merusak minyak alami kulit seperti Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash. Formula bertekstur gel yang lembut ini mengandung ekstrak calendula  (yang dikenal membuat kulit terasa nyaman) dan dapat membantu kulit tampak dan terasa kembali segar seketika. Tuang pembersih hingga selebar koin lalu gunakan di kulit yang telah dibasahi untuk mengangkat kotoran dan minyak. Usapkan secukupnya—kamu bahkan tidak memerlukan banyak busa di sini. III

Saran dari Ahli Kiehl’s: Kami memiliki banyak rekomendasi serum, eye cream, pelembap wajah, dan skincare lainnya untuk mencegah penuaan dini yang dapat kamu tambahkan dalam rangkaian perawatan kulitmu (dan menuliskan lebih banyak produk di sini). Namun, kamu juga bisa memperoleh rekomendasi sesuai kebutuhanmu. Jika kamu memerlukan produk perawatan anti-aging paling optimal, jadwalkan Konsultasi Kulit Sehat gratis di gerai Kiehl’s terdekat, dan para ahli Kiehl’s akan membantumu.

TIP #2: Mulailah Menggunakan Esens

Kedua, urutan skincare yang benar adalah menggunakan esens. Apakah kamu mengenal apa itu esens? Esens adalah bagian penting dalam perawatan anti-aging. Formula cair ini mengandung konsentrat bahan aktif dan bermanfaat untuk kulit yang kering dan menua. Esens digunakan setelah pembersihan kulit (tetapi sebelum pemakaian serum) agar manfaat produk-produk perawatan selanjutnya terserap dengan baik.

Kami merekomendasikan Iris Extract Activating Treatment Essence, formula anti-aging yang dapat membantu menghaluskan tekstur kulit, menyamarkan garis halus, dan membuat kulit lebih berseri. Mengandung ekstrak iris florentina, lipo hydroxy acid (turunan dari salicylic acid), dan sodium hyaluronate, formula ini cocok untuk semua jenis kulit—termasuk kulit sensitif.

TIP #3: Gunakan Vitamin C secara Rutin

Salah satu fungsi utama antioksidan seperti vitamin C adalah melindungi kulit dari radikal bebas, yaitu molekul yang sangat reaktif. Molekul-molekul ini terbentuk akibat paparan terhadap sumber-sumber dari luar, termasuk asap rokok, polusi udara, bahan kimia, bahkan ozon.XIV Penelitian menunjukkan bahwa radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan yang mengakibatkan munculnya tanda penuaan.V Vitamin C merupakan bahan yang dapat ditambahkan ke dalam rangkaian perawatanmu, entah pelembap, masker, atau krim mataL-ascorbic acid (bentuk vitamin C yang aktif secara kimiawi) juga memiliki kemampuan memperbaiki. Bahan ini memberikan manfaat anti-aging yang menjadikannya bahan yang tepat untuk menyamarkan kerutan. Dengan kata lain: vitamin C bermanfaat untuk mencegah dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

Seperti disebutkan sebelumnya, ada beberapa cara menambahkan antioksidan ini dalam rangkaian perawatan kulitmu. Awalilah dengan Powerful-Strength Vitamin C Serum terlaris Kiehl’s yang mengandung 12,5 persen vitamin C dan hyaluronic acid untuk menghidrasi dan membantu menyamarkan garis halus dan kerutan.

Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash

TIP #4: Cegah Tanda-Tanda Penuaan dengan Serum Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid adalah kandungan serum untuk mencegah penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa hyaluronic acid dapat mengikat air hingga 1.000 kali beratnya sendiri.VI Halo, hidrasi. Penelitian juga menunjukkan bahwa formula yang mengandung hyaluronic acid dapat meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit sekaligus menyamarkan kedalaman kerutan. VII Buktikan sendiri dengan mencoba Vital Skin-Strengthening Hyaluronic Acid Super Serum. Usapkan serum hyaluronic acid ini pada wajah, maka teksturnya yang ringan akan terserap dengan cepat. Seiring waktu, garis halus tersamarkan, tekstur kulit terasa lebih halus, dan kulit lebih terawat.

Iris Extract Activating Treatment Essence

TIP #5: Gunakanlah Minyak Wajah

Seperti disebutkan sebelumnya, meski tidak diharapkan, kulit kering adalah salah satu akibat tak terhindarkan dari penuaan kulit. Artinya, inilah waktu yang tepat untuk melembapkan dan menutrisi kulitmu. Kami menyarankan penambahan minyak wajah, misalnya Midnight Recovery Concentrate Face Oil, dalam rangkaian perawatanmu. Minyak wajah yang melembapkan ini mengandung minyak esensial lavender dan minyak evening primrose. Gunakan sebelum tidur untuk membantu memulihkan kulit di malam hari dan membuatnya tampak muda keesokan harinya.

Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash

TIP #6: Perhatikan Area Mata

Kulit di sekitar mata sangatlah halus dan tipis—meski kulit dahimu tidak tampak kerutan, kulit di area mata mungkin berbeda. Tanda-tanda penuaan umumnya mulai muncul, salah satunya, di area mata. Oleh karena itu, penggunaan eye cream untuk kerutan di area mata sangatlah penting. Lingkar hitam adalah salah satu tanda penuaan yang dapat dirawat dengan pemakaian produk perawatan mata.VIII Gunakanlah Powerful-Strength Dark Circle Reducing Vitamin C Eye Serum untuk merawat area di sekitar mata. Serum yang diformulasikan khusus untuk kulit mata yang halus ini mengandung 10 persen vitamin C murni—bahan yang manfaatnya telah kamu kenal dengan baik. Gunakan krim untuk lingkar hitam pada pagi dan malam hari untuk menyamarkan lingkaran di bawah mata, kerutan di ujung mata (crow’s feet), mata sembap, dan garis atau kerutan.

Saran dari Ahli Kiehl’s: Jangan meremehkan betapa halusnya kulit di area mata. Gunakan ujung jari untuk membubuhkan serum dengan lembut dan hati-hati hingga terserap. Sebaiknya gunakanlah jari manis—jari dengan sentuhan paling lembut—saat mengaplikasikan serum di kulit mata untuk memastikan bagian kulit yang rapuh ini tidak tertarik.

Iris Extract Activating Treatment Essence

TIP #7: Gunakan Pelembap dengan Manfaat Anti-Aging

Manfaat pelembab wajah, salah satunya adalah dengan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Berapa pun usiamu dan apa pun jenis dan masalah kulitmu, pelembap merupakan bagian penting dalam rangkaian perawatan kulit. Seperti kamu tahu, kulit menjadi semakin kering seiring bertambahnya usia. Namun, kamu mungkin tidak menyadari bahwa kondisi ini menyebabkan munculnya kerutan dan tekstur kasar pada kulit. Kulit yang kering akan tampak lebih kasar, dan kerutan pun tampak semakin jelas dan nyata. Sebaliknya, di kulit yang lembap, kerutan tampak lebih halus dan tersamarkan.IX

Pemakaian pelembap dengan bahan yang terbukti mampu menyamarkan tanda-tanda penuaan, seperti hyaluronic acid, vitamin A, dan jamur chaga yang terkandung dalam Super Multi-Corrective Anti-Aging Cream for Face and Neck, dapat membantu menyamarkan kerutan, meratakan warna kulit, dan menghaluskan tekstur kulit dari waktu ke waktu. Gunakan krim anti-aging di wajah, rahang, dan leher untuk menyamarkan garis dan kerutan (yang sering ditemukan di leher).IX

Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash

TIP #8: Cegah Kerusakan akibat Sinar Matahari dengan SPF

Rangkaian perawatan yang optimal selalu ditutup dengan pemakaian tabir surya (sunscreen). Berjemur mungkin terasa menyenangkan; sayangnya, sinar matahari ternyata dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan.X Data menunjukkan bahwa photoaging (kerusakan kulit akibat paparan sinar UV) adalah penyebab 90 persen perubahan yang tampak di kulitmu. Ya, 90. Sinar UV merusak DNA kulitmu sehingga terjadilah serangkaian reaksi kimia yang menyebabkan penurunan kolagen. Akibatnya, kulit tidak mampu memperbaiki kerusakannya. Kerutan pun akhirnya muncul.XI

Cara terbaik melindungi kulit dari sinar UVA yang memicu penuaan (dan sinar UVB yang menyebabkan kulit terbakar) adalah pemakaian tabir surya secara rutin. Pastikan kamu menggunakan tabir surya berspektrum luas (yang dapat melindungi kulit dari radiasi UVA sekaligus UVB) setiap hari, saat hujan maupun panas. Dengan teksturnya yang ringan dan dapat bekerja di semua jenis kulit, Super Fluid Daily UV Defense SPF 50+ akan mempermudah usahamu. Gunakan di pagi hari sebelum mengakhiri rangkaian perawatanmu. Ulangi pemakaian setiap dua jam jika kamu berencana untuk beraktivitas di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama untuk memberi kulit perlindungan terbaik.  

Langkah-langkah perlindungan lainnya pun tak kalah penting. Jangan terlalu lama terpapar sinar matahari antara pukul 10.00 dan pukul 14.00 serta kenakanlah pakaian dan aksesoris yang dapat menutupi kulit.XII

Iris Extract Activating Treatment Essence

TIP #9: Cobalah Masker yang Dapat Mengencangkan Kulit

Seiring bertambahnya usia, kolagen dan elastin di kulit mulai berkurang secara alami. Keduanya adalah protein yang bertugas menjaga kulit tetap kencang dan elastis.I Untuk membantu mengurangi kulit kendur, kamu perlu menggunakan produk yang dapat membuat kulit terasa kencang dan kulit terasa elastis. Ginger Leaf & Hibiscus Firming Mask adalah masker wajah yang lembut yang membuat kulit terasa kencang dan tampak lebih halus seketika. Formula ini bekerja semalaman dan sebaiknya digunakan lima kali dalam seminggu untuk hasil terbaik. Ia berfungsi merawat kulit secara alami saat kamu tidur, membuatnya terasa halus seketika dan menyamarkan tampilan garis halus dari waktu ke waktu.

Saran dari Ahli Kiehl’s: Secara umum, frekuensi penggunaan masker tergantung pada jenis produk yang kamu gunakan. Beberapa produk dapat digunakan setiap hari, sementara produk lainnya sebaiknya digunakan mingguan.  

Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash

TIP #10: Akhirnya, Lakukanlah Perawatan Bibir

Terakhir, cara merawat wajah agar awet muda adalah dengan merawat area bibir. Meski tidak sejelas tanda-tanda yang muncul di area wajah atau leher, tanda-tanda penuaan ternyata juga muncul di bibir. Seiring waktu, kamu akan melihat perubahan bentuk dan tekstur bibirmu.III Saran terbaik kami adalah merawat bibir dengan konsisten. Bibirmu memerlukan TLC, sama seperti kulit di bagian tubuh lainnya. Gunakan Butterstick Lip Treatment SPF 30 untuk mewarnai bibir sekaligus memberinya kelembapan. Lip balm ini juga mengandung SPF 30 berspektrum luas yang jadi favorit kami. 

Sumber

  1. “Act Your Age When It Comes to Skin Care.” American Academy of Dermatology, www.aad.org/news/age-and-skin-care.
  2. II.“Skin Care in Your 40s and 50s.” American Academy of Dermatology, www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/skin-care-in-your-40s-and-50s.
  3. III. “Dermatologists' Top Tips for Relieving Dry Skin.” American Academy of Dermatology, www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin.
  4. IV. Addor, Flavia Alvim Sant'anna. “Antioxidants in Dermatology.” Anais Brasileiros De Dermatologia, vol. 92, no. 3, 2017, pp. 356–362., doi:10.1590/abd1806-4841.20175697.
  5. V. Barja, Gustavo. “Free Radicals and Aging.” Trends in Neurosciences, vol. 27, no. 10, 2004, pp. 595–600., doi:10.1016/j.tins.2004.07.005.
  6. VI. “Hyaluronan: A Natural Moisturizer for Skin Care.” Harry's Cosmeticology, by Daniela ŠMejkalová et al., 9th ed., vol. 2, Chemical Publishing Company., 2015, pp. 605–622.
  7. VII. Pavicic, Tatjana et al. “Efficacy of cream-based novel formulations of hyaluronic acid of different molecular weights in anti-wrinkle treatment.” Journal of drugs in dermatology : JDD vol. 10,9 (2011): 990-1000.
  8. VIII. Shatalebi, Mohammadali, and Fatemeh Ahmadraji. “Evaluation of the Clinical Efficacy and Safety of an Eye Counter Pad Containing Caffeine and Vitamin K in Emulsified Emu Oil Base.” Advanced Biomedical Research, vol. 4, no. 1, 2015, p. 10., doi:10.4103/2277-9175.148292.
  9. IX. “Wrinkles.” Mayo Clinic, Mayo Foundation for Medical Education and Research, 18 Dec. 2019, www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrinkles/symptoms-causes/syc-20354927.
  10. X. “Wrinkle Remedies.” American Academy of Dermatology, www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/anti-aging/wrinkle-remedies.
  11. XI. “Photoaging: What You Need to Know About the Other Kind of Aging.” The Skin Cancer Foundation, 10 Jan. 2019, www.skincancer.org/blog/photoaging-what-you-need-to-know/.
  12. XII. “Sunscreen: How to Help Protect Your Skin From the Sun.” United States Food and Drug Administration. 2019. https://www.fda.gov/drugs/understanding-over-counter-medicines/sunscreen-how-help-protect-your-skin-sun/#spf.
  13. XIII. Penna, Vincenzo et al. “Classification of the Aging Lips: A Foundation for an Integrated Approach to Perioral Rejuvenation.” Aesthetic plastic surgery vol. 39,1 (2015): 1-7. doi:10.1007/s00266-014-0415-2.
  14. XIV. Lobo, V et al. “Free radicals, antioxidants and functional foods: Impact on human health.” Pharmacognosy reviews vol. 4,8 (2010): 118-26. doi:10.4103/0973-7847.70902


Pesan orientasi
Untuk pengalaman terbaik, harap putar perangkat Anda